Sabtu, 04 Juni 2016

MANFAAT KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



MENGANALISIS MANFAAT KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
A.      PENGERTIAN JUJUR (SIDIQ)
Jujur adalah kata yang mudah diucap, tetapi sulit untuk di praktikan. Kejujuran seseorang akan menentukan gerak langkahnya dalam meniti jalan hidup untuk menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat. Jujur adalah sumber segala kebaikan, sedangkan dusta adalah sumber segala malapetaka.Rasulullah saw.
Telah mengingatkan lewat sabdanya :
عن عبد ا لله قا ل ر سو ل ا لله صل ا لله عليه و سلم ا نا اصد ق يهد ي ا ل البر و ا ن ا لبر يهد ي ا لى ا لحنة و ا ن الر جل ليصد ق حتى يكتب عند الله صد يق و ا ن الكد ب يهد ي ال اليصد ق حتى يكتب عند الله صد يق وا ن الكد ب يهد ي ال الفجور و ان الفجوريهدي ال النا روان الد جل ليكد ب حتى يكتب عند الله كد ابا (رواه متفق عليه)                                                    
Artinya: “Bahwasanya kebenaran itu membawa kebaikan, dan kebaikan itu membawa jalan kesurga. Dan seseorang yang senantiasa jujur, hingga tercatat disisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya dusta itu membawa kepada keburukan, dan keburukan itu membawa keneraka.Dan seorang yang senantiasa berdusta, hingga tercatat disisi Allah sebagai orang yang berdusta. (H.R Muttafaqun’alaih)”
Kejujuran dalam bahasa arab berarti as-sidqu, penulis mengklasifikasikannya menjadi 5 macam :
1.SIDQUL-QALBI (JujurDalamBerniat)
Rasulullah saw bersabda :

الاوان فى الجسد مضغة اد اصلحت صلح الجسد كله وا د افسد ت فسد الجسد كله ا لاوهي القلب (رواه متفق عليه)

Artinya :”Ingatlah, dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik akan baiklah seluruh tubuh. Dan bila ia rusak ,rusaklah ia seluruhnya. Itulah qalbu (hati) (H.R MUTTAFAQUN ALAIH)”

Kejujuran yang tertanam dalam  hati akan membuahkan ketenteraman .Sebaliknya jika hati kotor,  tidakjujur, seringkali berdusta maka akan menimbulkan aktivitas dalam  kemaksiatan dan kejahatan serta melanggar larangan-larangan   Allah SWT. Dan akhirnya timbul kegundahan jiwa kesemrawutan dalam hati.
Firman Allah SWT :

الد ين امنو اوتطمئن قلو بهم بد كر الله قل الا بد كر الله تطمئن القلوب قل (   ) الر يد ا


Artinya: “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat allah. Ingatlah, hanya dengan mengingatallah hati menjadi  tenteram.(Q.S ar-ra’d / 13:28)

2. SIDQUL- HADIST (Jujurdalamberucap)
Jujur saat berkata adalah harga yang begitu mahal untuk mencapai kepercayaan orang lain.
Orang yang dalam hidupnya selalu berkata jujur maka dirinya akan dipercaya seumur  hidup.
Firman Allah SWT.
يا يها الد ين امنواا تقوا الله و قو لا سد يد ا (  ) يصلح لكم ا ىما لكم ويفض لكم د نو بكمقل ومن يطع الله و رسو له فقد قا و فو زا عظيىما (  ) الا حزا ب ا
Artinya:
“ Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada  Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalan mu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa yang menaati  Allah dan Rasul-Nya, maka sesunguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar .(Q.S AL-AHZAB/33:70-71)
Hiduplah dalam naungan kejujuran akan terasa nikmat jika dibandingkan hidup penuh dengan dusta. Rasulullah SAW. Bahkan mengategorikan munif kepada orang-orang yang selalu berkata dusta        sebagaimana sabdany:
اية امنا فق تلا ث كد ب اد وعد اخلف و ادااو تمن خا ن (رواه متفق عليه )
Artinya:
“ Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, bila berucap dusta, kala berjanji ingkar dan saat di percaya khianat”.(H.R. MUTAFAQON ‘ALAIH)
3. SIDQUL- AMAL (Jujurdalamberbuat)
Amal adalah hal terpenting meraih posisi  yang paling mulia di surga.Oleh karena itu, kita harus selalu mengikhlaskan setiap amal yang kita lakukan.Dalam berdakwah pun, kita harus menyesuaikan antara ungkapan yang kita sampaikan kepada umat dengan amal yang kita perbuat.
Allah SWT. berfiman:
يا يها الد ين ا منو الم تقو لو ن ما لا تفعلو ن (  ) كبر مقتا عند الله ان تقو لوا ما لا تقعلو ن \
Artinya : “hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian disisi allah bahkan kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan (QS.As-Saff 61: 2-3)
4. SIDQUL-WADA’ (Jujurdalamberjanji )
Janganlah banyak berjanji dan tidak menepati, karena  Allah SWT.Sangat membenci orang-orang yang selalu mengikuti janji. Allah SWT. Berfirman:
واو فوا بعهد الله اد اعا هد تم و لا تنقضو االا يما ن بعد تو كيد ها و قل جعلتم الله عليكم كفيلا قل ان الله يعلم ما تقعلو ن (  ) النحل \
Artinya:
“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah SWT.Apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah. Sumpah (mu) itu, sesudah meneguhkanya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu( terhadap sumpah-sumpah itu ). Sesunguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.
(Q.S. AN-NAHL/16:91)
5. SIDQUL-HAL (Jujurdalamkenyatan )
Allah SWT. Berfirman:
يثبت الله الد ين امنوا با لقو ل الثا بت في الحيو ة الد نيا و في الا خر ة ج و يضل الله الظلمين قل ويفعل الله من يش ء (   ) ا بر ا هيم \
Artinya:
“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki. (Ibrahim/41:27)
Yang di maksud ucapan-ucapan yang teguh disini ialah kalimat tayyibah,jujur. Karena itu, kita sebagai orang  yang beriman hendaknya selalu jujur, baik dalam ucapan, perbuatan serta sikap dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat dan hikmah jujur:
a.       Dipercaya orang
b.      Banyak teman
c.       Hidup lebih tenang
d.      Pikiran lebih tertata
e.      Terhindar dari penyakit munafik







4 komentar: